Media Youtube Berbantuan Game Wordwall Tingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Spread the love

ARTIKEL GURU

Oleh: Khodaria Purboyati, M.Pd, Guru Biologi, SMA Negeri 2 Brebes
Wabah Covid-19 kini memberikan dampak serius untuk negara Indonesia, terutama bidang pendidikan. Penyebaran Covid -19 yang semakin tinggi membuat Pemerintah mengambil kebijakan untuk menghentikan pembelajaran tatap muka dan mengganti pembelajaran secara online atau dalam jaringan (daring) supaya peserta didik dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang telah ditargetkan. Akan tetapi, kebijakan tersebut di lapangan memunculkan beberapa hambatan baik dari peserta didik maupun guru.
Hasil wawancara pada beberapa peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Brebes mengatakan bahwa pembelajaran daring sangat membosankan, materi biologi yang kompleks dan banyak istilah-istilah ilmiah menjadikan materi biologi sulit untuk dipahami jika dengan membaca buku, mengerjakan tugas dan diskusi via WhatsApp Group saja. Kondisi tersebut menjadikan peserta didik lebih memilih untuk bermain game online dan hanya mengisi daftar hadir tanpa mengikuti pembelajaran. Disisi lain, waktu pembelajaran yang singkat dan pengetahuan guru yang rendah mengenai media pembelajaran berbasis IT menjadikan guru kurang inovatif dan melakukan pembelajaran asal-asalan.
Apabila kondisi ini tidak segera diperbaiki akan menimbulkan learning loss yaitu suatu kondisi dimana peserta didik mengalami penurunan kemampuan pengetahuan dan keterampilan secara akademis. Hal ini juga seperti dikemukakan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem (2021) pada berita harian solopos.com bahwa “Learning loss rentan terjadi selama pembelajaran jarak jauh”. Salah satu penyebab learning loss adalah cara mengajar yang hanya dipindahkan dari dalam kelas dan diadopsi sepenuhnya ke pembelajaran online. Cara mengajar seperti ini membuat guru mendistribusikan informasi dan komunikasi hanya satu arah, yang kemudian menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan tidak semangat belajar (Indra Charismiadji, 2021).
Salah satu upaya yang penulis lakukan sebagai guru Biologi di SMA Negeri 2 Brebes untuk mencegah terjadinya learning loss adalah dengan merancang pembelajaran yang inovatif, menarik dan tidak membosankan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan secara maskimal media-media online seperti chanel youtube. Widyantara & Rasna (2020) berpendapat bahwa penggunaan media youtube dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di masa pandemi. Media youtube dapat menciptakan kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan interaktif. Selain Youtube, guru juga dapat memanfaatkan aplikasi gaming seperti game wordwall. Putri (2020) mengatakan bahwa penggunaan aplikasi berbentuk game wordwall dapat meningkatkan kualitas belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19, karena aplikasi tersebut berisi berbagai macam fitur yang menarik untuk peserta didik sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar.
Hasil penerapan penggunaan media youtube berbantuan game wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA-2 SMA Negeri 2 Brebes pada materi keanekaragaman hayati di masa pandemi Covid-19. Media Youtube berisi video penjelasan materi yang dibuat oleh guru sendiri dengan kombinasi audio dan gambar-gambar tumbuhan atau hewan yang dapat dijumpai peserta didik dilingkungan sekitar sehingga dapat menciptakan pembelajaran menyenangkan, interaktif dan kontekstual. Hal ini selaras dengan pendapat Susanti & Amelia (2021) bahwa penggunaan media youtube dengan hasil video yang dibuat guru sendiri dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi, karena dalam video terdapat langkah-langkah pembelajaran dan penjelasan dari suatu materi yang disampaikan secara langsung oleh guru.
Selain itu, game wordwall dibuat dengan desain permainan yang menarik yaitu peserta didik memilih macam-macam hewan atau tumbuhan yang merupakan keanakeragaman hayati tingkat gen, jenis atau ekosistem dengan menjelajah dan memukul gambar-gambar yang sesuai dengan pertanyaan sehingga peserta didik merasa senang dan tertantang untuk mendapatkan skor tertinggi. Dengan demikian, penggunaan media youtube berbantuan game wordwall dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA-2 SMA Negeri 2 Brebes di masa pandemi Covid-19.

Editor: Cosmas