Belajar Asyik dengan Quizizz

Spread the love

Oleh: Sundari SPdSD

SD Negeri 02 Alastuwo Kebakkramat Karanganyar

 

Tak terbantahkan lagi siswa sudah akrab dengan penggunaan hanphone. Hal ini harus dimanfaatkan untuk hal positif, salah satunya digunakan untuk pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan Quizizz.

Pembelajaran kurikulum 2013 yang dilakukan selama ini, guru cenderung hanya menggunakan buku guru, buku siswa, dan fokus pada penguasaan pengetahuan kognitif yang lebih mementingkan hafalan materi tanpa menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas membosankan dan kurang inovatif, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan hasil belajar rendah.

Untuk menghadapi era revolusi Industri 4.0, siswa harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Siswa dituntut untuk memiliki keterampilan memecahkan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual). Guru memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan siswa dan kualitas pendidikan di sekolah. Penggunaan media yang kreatif, inovatif, dan interaktif dapat merangsang kemampuan berfikir siswa untuk berpikir secara kritis untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Pembelajaran tematik terpadu pada kurikulum 2013 menjadi sangat asyik, menarik, dan menyenangkan jika diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Smartphone berbasis android di era digital sekarang sudah seperti kebutuhan wajib, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa di berbagai bidang kegiatan baik dari bangun tidur sampai tidur lagi. Anak-anak jaman sekarang cenderung lebih asyik menggunakan laptop dan smartphone untuk bermain game daripada bermain langsung dengan teman-temanya. Hal tersebut bisa dialihkan menjadi kegiatan yang bermanfaat jika sebuah game diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah.

Seiring dengan berkembangnya teknologi untuk menghadapi era revolusi Industri 4.0, mempermudah kita melakukan segala hal. Demikian halnya dalam bidang pendidikan, teknologi mempermudah guru maupun siswa dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan penilaian. Banyak sekali situs yang menyediakan aplikasi untuk pembelajaran yang berupa kuis online, salah satu permainan yang  dapat dijadikan sebagai media belajar adalah quizizz karena sifatnya belajar sambil bermain membuat suasana kegiatan belajar mengajar menjadi asyik, menarik, dan menyenangkan.

Quizizz adalah permainan interaktif yang dapat dikaitkan dengan mata pelajaran di berbagai jenjang kelas. Quizizz merupakan kuis online terdiri dari soal dan 4 pilihan jawaban termasuk jawaban benar diantara pilihan tersebut. Pada soal maupun pilihan bisa diberikan gambar sesuai dengan keinginan. Soal yang sudah dibuat dapat dibagikan kepada peserta didik dengan menggunakan 6 digit kode. Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Berikut langkah-langkah belajar asyik dengan quizizz: 1) Persiapan pembelajaran dengan membuat akun dan soal di quizizz dengan masuk ke www.quizizz.com lalu sign up, masukkan akun google atau email kita, pilih peran sebagai guru dan lengkapi data, klik open quiz creator isikan nama kuis kemudian buatlah pertanyaan, pilihan jawaban, dan mengatur jawaban yang benar, “Question preview” akan menampilkan soal yang sudah dibuat, bisa menambahkan soal baru dan klik finished bila sudah selesai,  pilih grade atau tingkatan kelas berapa, subject atau mata pelajaran, klik finish and create quiz, tampilkan kuis secara langsung di kelas atau untuk pekerjan rumah (PR), setting kuis dan klik proceed. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kuis kepada siswa dengan cara klik live game, soal dan pilihan jawaban bisa di acak dan disetting waktunya, minta siswa klik join.quizizz.com di browser HP nya masing-masing untuk mengerjakan soal bisa juga dengan klik aplikasi quizizz yang sudah di install melalui playstore dengan memasukkan kode game dan nama mereka. Peserta didik yang telah bergabung akan terlihat di layar laptop guru. 3) Pada akhir kuis, siswa dapat mengetahui nilai secara langsung dan peringkat yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal, guru dapat mengetahui peserta didik yang menjawab benar atau salah, dan siswa yang mendapatkan skor paling tinggi atau rendah.

Pelaksanaan pembelajaran melalui quizizz sebagai upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar mempunyai dampak positif diantaranya: menghemat kertas karena dengan quizizz siswa tidak menggunakan kertas saat evaluasi awal dan akhir, quizizz sifatnya bermain interaktif online yang disertai suara musik membuat kelas menjadi hidup dan siswa tidak lagi jenuh atau bosan saat pembelajaran sehingga motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat, quizizz bisa diterapkan pada seluruh mata pelajaran di berbagai jenjang kelas yang dapat disetting dengan soal yang diberikan ke siswa diacak dengan durasi waktu yang cepat sehingga siswa tidak bisa mencontek atau browsing jawaban di google, siswa dapat mengetahui hasil evaluasi secara langsung muncul di layar smartphone atau laptop masing-masing, quizizz memunculkan data dan statistik hasil yang dikerjakan siswa sehingga guru tidak perlu melakukan analisis hasil belajar secara manual. (*)

Editor: Cosmas