Pemanfaatan Quizizz.com di Kelas Multi Media Pada Era Pandemi

Spread the love

ARTIKEL POPULER

Andi Saputro, S.Kom
Guru Produktif Multimedia SMKN 1 Karanganyar

Pandemi Corona Virus DIsease 2019 (COVID-19) menjadikan kegiatan belajar mengajar di sekolah dilaksanakan secara jarak jauh atau biasa dikenal dengan singkatan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).
Banyak kendala yang dialami selama masa PJJ mulai dari perangkat, kuota internet, ketertiban dan kedisiplinan siswa, kesiapan siswa dan guru, keterserapan materi pelajaran juga berpengaruh sangat besar dan ketertarikan siswa dalam belajar.
Situasi ini memaksa semua pihak dalam kegiatan pendidikan untuk menggunakan teknologi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga banyak siswa dan guru yang harus belajar penggunaan teknologi guna menyampaikan materi pembelajaran.
Dahulu banyak guru yang acuh tak acuh akan peran teknologi, jumlah guru yang menerapkan teknologi dalam pembelajaran bisa dihitung dengan jari karena mereka mempunyai pedoman tatap muka yang dilakukan sudah cukup mewakili sehingga menjadikan guru malas melaksanakan pengembangan diri.
COVID-19 memaksa dunia pendidikan melaksanakan pembelajaran dengan teknologi dan memaksa pengembangan kemampuan guru guna menyampaikan materi ke peserta didik. Banyak sekali alternatif pembelajaran bermunculan yang bisa digunakan mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.
Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Google Classroom. Pemilihan aplikasi pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dikarenakan dapat diperoleh secara gratis dan sudah support dengan android serta biasa berada dalam satu paket dengan smartphone android. Pengguna cukup memiliki akun email dari google otomatis sudah bisa bergabung ke Kelas Online dari Google Classroom.
Salah satu kemudahan dalam penggunaan teknologi sebagai kelas daring semua materi kegiatan yang akan dilakukan bisa diatur jadwalnya dan yang sudah dilakukan tersimpan dan bisa digunakan kembali. Materi yang sama antar kelas bisa dipanggil ulang dari kelas lain untuk ditampilkan di kelas yang akan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal ini cukup memudahkan guru dengan membuat sekali materi pembelajaran bisa digunakan diberbagai kelas daring yang sama. Selain itu nilai dari yang sudah diberikan oleh guru juga akan tersimpan secara online tidak mudah hilang, sewaktu waktu guru membutuhkan nilai sebagai evaluasi atau analisa akan mudah didapatkan.
Begitu pula untuk pelaksanaan di SMK Negeri 1 Karanganyar menggunakan Google Classroom sebagai pembelajaran jarak jauh. Semua guru secara bergiliran diberikan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Google Classroom semenjak pandemi COVID-19 sehingga mulai Bulan Mei 2020 sudah diterapkan ke semua siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar.
Dalam penerapannya guru–guru yang sudah terbiasa menggunakan google classroom membantu guru–guru yang masih pertama atau belum mahir dalam mengoperasikan platform pembelajaran jarak jauh ini. Sehingga secara tidak langsung pandemi COVID-19 membawa dampak positif bagi guru–guru di lingkungan SMK Negeri 1 Karanganyar dalam mengembangkan kompetensi menggunakan teknologi dalam pembelajaran membentuk kelas daring.
Penggunaan sistem pembelajaran secara daring bisa menjadikan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan menimbulkan rasa jenuh dan bosan. Maka dari itu guru harus memiliki kreatifitas dalam penggunaan teknologi, salah satunya bisa dengan menggunakan tambahan evaluasi yang menarik dari halaman website https://quiziz.com. Evaluasi pembelajaran menjadi salah satu kompetensi pedagogik yang mutlak harus dikuasai guru (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2010). Kreatifitas guru dalam membuat evaluasi dan pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Evaluasi dengan Quizizz.commempunyai tampilan yang menarik dengan beberapa kelebihan seperti adanya backsound, soal dan opsi jawaban secara acak, kecepatan menjawab mendapat prioritas nilai, ada pilihan kuis sebagai game atau sebagai ulangan. Guru bisa mengatur penjadwalan kapan evaluasi bisa dimulai dan juga kapan harus berakhir, pengaturan berapa kali kuis dikerjakan atau dapat dikerjakan tanpa batas juga bisa diatur oleh guru.
Hal ini juga dilakukan oleh penulis dalam menyampaikan materi Dasar Desain Grafis untuk kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Karanganyar. Tampilan evaluasi yang menarik mampu meningkatkan minat siswa dalam mengerjakan evaluasi. Evaluasi tidak monoton berwarna putih dan penuh dengan teks, tetapi bisa lebih berwarna dan nyaman dipandang. Beberapa siswa menyatakan dengan evaluasi yang menarik memberikan tantangan untuk menjawab soal secepat – cepatnya untuk memperoleh nilai lebih dari temannya. Fasilitas pengacakan soal dan opsi jawaban juga memperkecil siswa untuk melakukan kecurangan dalam ulangan sehingga melatih siswa untuk lebih giat belajar dan percaya diri atas jawaban sendiri.
Penulis dalam kegiatan belajar mengajar melakukan sinkronisasi dari evaluasi Quizizz.com dengan google classroom sebagai kelas daring, situs evaluasi ini bisa disinkronkan sehingga apa yang dijadwalkan pada Quizizz.com juga akan terjadwalkan pada google classroom. Nilai dari hasil evaluasi pun akan langsung masuk ke kelas daring. Di sinilah kreatifitas guru diasah dan dituntut untuk terus dikembangkan di tengah Pandemi COVID-19.
Editor: Cosmas